MENGELOLA BAGAIMANA HARUSNYA RASISME DAN TOLERANSI

 Suatu negara diyakini dapat berkembang dan bahkan dapat maju jika di dalam nya terdapat sikap saling menghargai antar sesama masyarakat,saling membantu,saling mendukung,saling terbuka terhadap masalah dan masih begitu banyak hal-hal yang dapat membantu suatu negara tersebut untuk sukses. Adalah penting juga jika dalam suatu negara menganut sistem Toleransi antara semua perbedaan yang ada tanpa membuat hal tersebut menjadi batu sandungan bagi negara mereka sendiri. 

Namun, tak sedikit negara-negara di dunia ini yang tak mempedulikan kemajuan dan perkembangan negara mereka sendiri. Yang terpenting bagi dirinya adalah bagaimana hal yang mereka inginkan dapat menjadi nomor 1 tanpa memikirkan pihak lain. Tanpa mereka sadari hal ini lah yang mampu memecahkan negara mereka secara perlahan. 

TOLERANSI
adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap Toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekali pun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

RASISME
adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu, bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui kedua hal di atas sangatlah bertolak belakang sama seperti air dan api di mana kedua nya tidak akan pernah bisa bersatu atau bekerja sama. Namun, harus kita yakini bahwa di dunia ini tidak ada yang mustahil. Memang benar bahwa saat ini ada begitu banyak negara yang ber masalah dengan hal ini, tak perlu jauh-jauh memikirkan nya yaitu negara kita sendiri.Akhir-akhir ini memang sangat sensitif dengan kedua hal tersebut di mana ada begitu banyak kasus-kasus yang sedang hangat dibicarakan dan terjadi di negara kita . Pihak-pihak tertentu menganggap bahwa mereka lah yang paling benar dibanding dengan pihak yang lain nya akibatnya,mereka menuntut pemerintah untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan tanpa memikirkan pihak lain yang mungkin merasa ter sakiti dan dirugikan. Muncul nya sikap egois dari kaum tertentulah yang menjadi faktor utama dari perpecahan dan sikap in-toleransi antar sesama masyarakat. sebenarnya banyak hal-hal yang dapat memicu dari rasisme itu sendiri seperti keegoisan, keras kepala,doktrin yang salah,hingga ambisi yang mengarah pada ke negatif an yang menutup jalan pikiran mereka bahwa apa yang mereka pikirkan,lakukan adalah salah dan menyakiti orang lain dan hal tersebutlah yang harus dijaga agar jangan sampai terjadi. Sikap etnosentrisme ini pun,dapat membuat kaum mayoritas semakin percaya diri dalam melakukan apa yang mereka pikirkan karena mereka yakin bahwa dengan kuantitas mereka yang mendominasi,mereka tidak akan kalah dan bahkan dapat menjajah kaum minoritas yang ada. 

Pemikiran yang mereka anut bahwa perbedaan harus dibasmi dan harus membuat agar menjadi sama dengan mereka adalah kesalahan besar yang membuat suatu negara hancur dan bahkan kacau sehingga jatuh dan tak bisa untuk maju menjadi yang lebih baik lagi. 
Tanpa mereka sadari,perbedaan yang selama ini mereka permasalahkan itu adalah kunci kesuksesan dari suatu negara untuk maju menjadi lebih baik,di mana perbedaan yang ada baik dari segi suku,ras,etnis,agama,bahasa,budaya  mampu menjadi suatu kelebihan untuk unggul dibanding dengan negara yang lain karena adanya sikap saling menghargai,mendukung,dari berbagai perbedaan yang ada.Hal tersebutlah yang harus mereka sadari bahwa negara kita adalah negara yang kaya akan budaya,bahasa,suku,agama,etnis,ras. Dengan adanya sikap toleransi yang mereka lakukan yaitu dengan saling mendukung,menghargai,membantu dapat menjadi nilai "plus" bagi negara itu sendiri sehingga akan lebih mudah dan gampang negara tersebut lebih unggul dan maju dari negara lain karena mereka mengesampingkan keegoisan mereka dan mengutamakan perbedaan yang ada sebagai kelebihan mereka yang tidak dimiliki oleh negara lain . Hal yang utama berperan disini yaitu perubahan pola pikir (mindset) bahwa negara ini adalah negara yang kaya akan perbedaan yang justru mampu membawa negara tersebut makmur dibanding dengan yang lain.

Semoga masyarakat yang ada dalam suatu negara yang sedang bermasalah dengan kedua hal tersebut,mampu untuk keluar dari zona nyaman dan mampu berpikir bahwa saat ini adalah saat nya untuk STOP RASISME dan marilah untuk menjunjung tinggi nilai TOLERANSI antar sesama,karena PERBEDAAN BUKANLAH MASALAH MELAINKAN HARTA DARI SUATU NEGARA YANG MAMPU MENGIRING NEGARA UNTUK LEBIH UNGGUL DARI NEGARA LAIN NYA.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERNIKAHAN ADAT MINAHASA

CARA MEMBUAT CAKALANG GORENG SOUS MANADO

LAGU POP BERMAKNA